Tips Jalan-Jalan Hemat ke Karimun Jawa - Informasi & Review

Hot

Post Top Ad

Your Ad Spot

Selasa, 07 November 2017

Tips Jalan-Jalan Hemat ke Karimun Jawa

Siapa yang tak kenal dengan destinasi wisata di Jawa Tengah ini? Karimun Jawa adalah salah satu destinasi wisata perairan unggulan di Jawa Tengah. Berlokasi di Kabupaten Jepara, Laut Karimun Jawa menyimpan banyak potensi wisata perairan khususnya di bidang snorkeling. Pantai yang tenang dan perairan yang berwarna biru jernih ini menjadi daya tarik wisatawan untuk menikmati pemandangan alamnya. Kamu juga bisa melihat surga bawah laut yaitu warna-warni tumbuhan karang dan biota air lainnya. Didukung denga perairan yang jernih dan tenang membuat kamu semakin betah untuk berlama-lama melihat pemandangan bawah laut ini.



Biasanya, kaum muda seperti mahasiswa dan juga muda-mudi lainnya masih semangat untuk menjelajah alam. Namun, seringkali banyak alasan untuk menggagalkan liburan kali ini karena masalah finansial. Berikut ini ada beberapa tips buat kamu bisa jalan-jalan ke Karimun Jawa walaupun dengan budget tipis alias hemat. 

1. Bila kamu berada di luar kota Semarang maupun kota Jepara, sebaiknya gunakan kendaraan umum untuk menuju ke lokasi. Tips hemat yaitu menggunakan bis ekonomi yang hanya menggunakan AC alami. Super hemat bukan? Bila kamu berada di kota Semarang, kamu harus melakukan perjalanan kurang lebih 1 jam lagi untuk menuju ke Kabupaten Jepara. Biaya transportasi dari Semarang ke Jepara kurang lebih Rp 20.000,- dengan menggunakan bis ekonomi yang mana kamu harus berdesakan dan merasakan panas maupun sejuknya AC alami.

2. Untuk menuju kepulauan Karimun Jawa, kamu harus menyebrang laut dengan kapal penyeberangan. Ada beberapa jenis kapal yang bisa kamu gunakan untuk menuju lokasi tersebut. Bagi yang ingin lekas sampai ke lokasi tujuan, bisa menggunakan kapal Bahari Ekspress 2 C. Waktu tempuh menggunakan kapal tersebut adalah 2 jam dengan harga tiket antara Rp 150.000,- hingga Rp 175.000,-. Ada alternatif lain yang lebih murah yaitu menggunakan kapal Feri Siginjay namun durasi perjalanan lebih lama sekitar 5 jam dengan harga tiket Rp 59.000,- saja. bila menggunakan kapal feri, kamu bisa membawa kendaraan seperti mobil atau motor kamu menuju kepulauan Karimun Jawa. Kedua kapal tersebut melabuh di Pelabuhan Kartini jepara.

3. Memilih penginapan yang sederhana saja seperti kamar tanpa AC. Di Karimun Jawa terdapat beberapa home stay yang dapat kamu sewa untuk tempat menginap. Harga sewanya untuk kamar non AC antara Rp 80.000,- sampai Rp 100.000,- per malam. Harga sewa tergantung dengan fasilitas yang ada. Untuk kamar ber-AC harga sewa kamar per malam yaitu antara Rp 200.000,- hingga jutaan.

4. Bawa bekal makanan karena biasanya makanan di tempat wisata harganya akan super naik 50%. Kamu bisa membuat makanan sendiri dengan menyalakan api unggun atau membawa kompor portable.

5. Bawa tenda untuk digunakan menginap untuk menyelamatkan keuangan kalian supaya tidak terkuras ketika harus membayar penginapan.

6. Sebaiknya pergi bersama teman-teman agar bisa patungan menyewa alat-alat seperti perahu maupun alat snorkeling.

Demikian beberapa tips hemat kamu buat jalan-jalan ke Karimun Jawa. Dengan memanfaatkan tips hemat tersebut, kamu bisa traveling tanpa takut kehabisan uang. Rinciannya yaitu sekitar kurang lebih Rp 300.000,-. Untuk berhemat maka kamu harus menjadi backpacker sejati yang tidak takut panas tidak takut hujan dan makan apa adanya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot