Kenali Tingkatan Stadium Kanker Payudara - Informasi & Review

Hot

Post Top Ad

Your Ad Spot

Kamis, 09 November 2017

Kenali Tingkatan Stadium Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh para wanita. Kanker ini menyerang daerah payudara yang mana payudara merupakan aset berharga menurut wanita. Untuk itu, sebaiknya perlu adanya pencegahan dan juga kesadaran akan bahayanya kanker payudara pada wanita. Wanita lebih beresiko terkena kanker payudara sebesar 100 kali daripada pria. Banyak faktor yang dapat menyebabkan sel kanker aktif pada tubuh. Faktor tersebut antara lain faktor genetik yang mana dipengaruhi oleh jenis kelamin, usia, genetik/turunan, ras dan kepadatan payudara. Sedangkan faktor eksternalnya dipengaruhi oleh obesitas, penyinaran cahaya radiasi dan implan payudara. 

Kanker payudara terdiri dari beberapa stadium kanker payudara yang mana sama seperti jenis kanker lainnya sesuai dengan gejalanya. Pada stadium 1, Anda sudah dapat mendeteksi adanya kanker payudara pada tubuh Anda. 


Berikut ini ulasan mengenai stadium kanker payudara yang dapat Anda pelajari

 

  1. Kanker berasal dari tumor yang kemudian mengganas dan berubah menjadi kanker.
  2. Stadium 0 sel kanker masih berada di dalam pembuluh payudara dan belum menyebar pada pembuluh lain.
  3. Stadium 1 masih berupa tumor titik dan belum menyebar luas.
  4. Stadium 2. Stadium ini dibagi menjadi 2 yaitu stadium IIa dan stadium IIb. Stadium 2a ditemukan benjolan pada daerah ketiak sebesar kurang dari 5 cm. Sedangkan stadium 2b benjolan membesar dan ditemukan di pembuluh getah bening daerah ketiak.
  5. Stadium 3 juga terbagi menjadi 3 yaitu stadium 3a dengan ciri-ciri tumor lebih besar daripada stadium 2 dan telah menyebar ke pembuluh getah bening. Stadium 3b tumor telah menjalar ke bagian dada yang menyebabkan pembengkakan. Stadium 3c kanker menyebar lebih luas hingga 10 titik dengan ciri-ciri yang sama seperti stadium 3b.
  6. Stadium 4 merupakan stadium akhir yang mana kanker lebih mengganas dan menimbulkan luka. Tandanya dengan ukuran tumor yang lebih besar dan menjalar ke beberapa area seperti tulang, hati, paru-paru serta rusuk. 

Baca juga : Mengenal Tanda-Tanda Kanker Payudara

Kanker payudara ini akan menimbulkan luka dan bengkak pada area dada hingga ketiak. Kanker ada yang menjalar dengan cepat dan ada juga yang lambat sehingga gejalanya tidak begitu terasa. Namun Anda tetap harus waspada dan pahami stadium kanker payudara untuk keselamatan Anda serta sanak saudara dari bahayanya kanker payudara. Sebaiknya selalu cek payudara Anda setiap waktu untuk mendeteksi apakah ada benjolan tidak normal pada sekitar payudaran dan ketiak atau tidak. Benjolan dapat menjadi tolak ukur kanker payudara karena gejala utamanya adalah timbul benjolan-benjolan pada daerah dada hingga ketiak. Ada pula gejala lain seperti kekebalan tubuh menurun dan Anda mudah sekali tertular virus lainnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot