Bahaya Kolesterol untuk Tubuh - Informasi & Review

Hot

Post Top Ad

Your Ad Spot

Jumat, 24 November 2017

Bahaya Kolesterol untuk Tubuh

Kolesterol adalah senyawa dengan tekstur lunak dan menyerupai lemak. Kolesterol tersebar di seluruh bagian tubuh, terutama di pembuluh darah. Kolesterol diperlukan tubuh untuk menunjang kinerja organ tubuh secara optimal. Kolesterol terdiri dari dua jenis yaitu LDL dan HDL. LDL atau low density lipoprotein adalah jenis kolesterol yang disebut kolesterol jahat. Jika jumlah LDL di dalam darah terlalu banyak, maka dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Sedangkan, jenis kolesterol yang kedua adalah HDL atau high density lipoprotein. Kolesterol jenis ini adalah kolesterol baik yang dialirkan seluruh organ tubuh melalui pembuluh darah. Tubuh manusia harus memiliki kolesterol dalam jumlah yang normal. Bahaya kolesterol yang jumlahnya berlebihan di dalam darah dapat memicu penyakit pada sistem peredaran darah dan jantung. Di bawah ini adalah risiko penyakit yang ditimbulkan oleh penumpukan kolesterol di dalam tubuh.


• Penyakit Batu Empedu

Salah satu bahaya kolesterol yang perlu diwaspadai adalah gangguan pada sistem pencernaan. Hal ini disebabkan oleh keseimbangan cairan empedu dipengaruhi oleh kadar kolesterol di dalam darah. Jika jumlah kolesterol di dalam tubuh terlalu tinggi, maka jumlah cairan empedu akan meningkat drastis. Alhasil, penyakit batu empedu dapat terjadi. Apalagi penelitian telah membuktikan bahwa lebih dari 80% penderita penyakit kasus empedu merupakan orang-orang yang memiliki kadar kolesterol di atas ambang batas normal.

• Penyakit Jantung Koroner

Kelebihan kadar kolesterol di dalam tubuh dapat menyebabkan pembuluh nadi menjadi sempit. Aliran darah yang menuju ke jantung menjadi tidak lancar. Alhasil, serangan jantung koroner dapat terjadi karena otot-otot jantung tidak bisa memompa jantung dengan lancar. Selain itu, serangan jantung koroner dapat memicu komplikasi seperti tekanan darah tinggi hingga penyumbatan pembuluh darah di otak atau stroke.

• Penyakit Aterosklerosis

Penyakit ateroklerosis merupakan salah satu bahaya kolesterol yang patut diwaspadai. Penyebab dari penyakit ini adalah kadar kolesterol jahat atau LDL yang tinggi di dalam pembuluh darah. Penumpukan kolesterol jahat di dalam pembuluh darah menyebabkan penyempitan sekaligus pengerasan pembuluh darah. Penyakit ini tergolong penyakit yang menyebabkan kematian pada orang-orang di usia produktif, khususnya orang-orang yang gemar mengonsumsi junk food, rokok, dan alkohol.

Tiga penyakit di atas biasanya timbul ketika tumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah sudah menebal. Perlu diketahui bahwa kadar kolesterol manusia tidak selamanya normal. Akan ada saat ketika kadar kolesterol tinggi. Hal tersebut dapat dideteksi melalui gejala seperti sakit rahang dan feses yang berdarah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot