3 Tips Wisata Murah di Jogja: Liburan Asik, Tabungan Tak Terusik - Informasi & Review

Hot

Post Top Ad

Your Ad Spot

Rabu, 22 November 2017

3 Tips Wisata Murah di Jogja: Liburan Asik, Tabungan Tak Terusik

Jogjakarta, daerah istimewa di Jawa Tengah yang tidak pernah sepi wisatawan, baik lokal, atau juga dunia. Bisa dikatakan kota ini termasuk kota yang masih terus melestarikan budayanya, sehingga menjadi satu daya tarik khas. Banyak kelebihan yang dimiliki Jogja, dibandingkan kota wisata populer lainnya, seperti kesederhanaan dan harga-harga murah. Jogja bisa jadi pilihan ketika kamu ingin berlibur dengan budget pas-pasan atau berlibur ala backpacker.



Setelah menyusun daftar tempat wisata yang ingin dikunjungi, wajib banget bagi kamu untuk memikirkan masalah transportasi selama berlibur di Kota Gudeg. Selain itu, pikirkan akses dari penginapan ke tujuan objek wisata dalam jadwal milikmu. Nah, agar lebih matang, ini dia tiga tips buat kamu agar wisata di Jogja lebih murah dan tidak mengusik tabungan.

1. Cari penginapan sederhana yang letaknya strategis

Karena Jogja merupakan kota wisata, banyak sekali berdiri beragam jenis tempat penginapan yang tersebar di Jogja. Mulai dari tempat menginap berupa hotel dan resort berbintang, sampai tempat menginap yang murah banget dengan konsep yang juga sederhana banget. Pilih penginapan dengan konsep sederhana dan terletak di tempat yang strategis adalah satu hal perlu kamu pertimbangkan. Apa lagi kalau kamu memang hanya mengejar kegiatan-kegiatan mengasyikannya saja, menyampingkan kualitas tidur di malam hari. Meski begitu, jangan lupa untuk pilih penginapan yang menurut kamu aman dan nyaman. Istirahat atau tidur juga penting dalam sebuah perjalanan liburan.

2. Pintar pilih tempat makan

Liburan tidak jauh dari yang namanya wisata kuliner. Buat kamu yang dalam waktu dekat punya jadwal liburan ke Jogja, ada poin-poin dalam berburu kuliner yang perlu diperhatikan. Di antaranya yang pertama ialah, makanan pinggir jalan belum tentu harganya murah. Banyak sekali pedagang makanan pinggir jalan di Jogja yang memasang harga khusus bagi wisatawan, sehingga di balik konsep sederhananya, harganya tetap mahal. Contohnya angkringan sekitar Malioboro. Kedua ialah jangan pernah ragu tanya warga sekitar, di mana tempat makan murah dan enak. Kamu juga bisa tanya mahasiswa-mahasiswa Jogja, karena mereka akan dengan senang hati memberi rekomendasi. Serta ketiga, hindari makan di kawasan wisata karena otomatis harganya akan lebih tinggi, bahkan dipasang kelewat tinggi.

3. Jangan tergoda barang-barang murah

Sebagian besar barang-barang yang dijajakan pedagang di Jogja khususnya di area pasar dan toko oleh-oleh dibuat untuk mengundang pembeli dari luar daerah. Biasanya harga yang dibandrol cukup terjangkau, bahkan terhitung murah. Namun, kamu juga wajib menahan diri dan coba memikirkan, apa saja barang yang lebih baik dibeli, dan apa saja yang lebih baik tidak usah dibeli. Tidak sedikit pedagang di sana yang pelit memberi harga tawar-menawar, jadi kamu harus pintar menyeleksi harga. Hindari membeli barang di toko-toko besar karena pastinya tidak bisa ditawar.


Itu dia tiga tips supaya liburan ke Jogja kamu lebih hemat. Satu lagi, kamu harus mau jalan kaki kalau ingin lebih murah berlibur di Jogja. Karena kendaraan umum di Jogja tidak sebanyak kendaraan umum di Jakarta atau Bandung. Misalnya saja Trans Jogja yang tidak banyak dan jalurnya belum luas. Selamat berlibur!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot