Hukum Qurban dalam Pandangan Islam yang Perlu Diketahui - Informasi & Review

Hot

Post Top Ad

Your Ad Spot

Jumat, 01 September 2017

Hukum Qurban dalam Pandangan Islam yang Perlu Diketahui

Hukum qurban wajib atau sunnah? pertanyaan seperti ini seringkali muncul di kalangan umat muslim. Hal ini wajar karena adanya anjuran untuk melaksanakan ibadah qurban bagi setiap umat muslim. Lalu bagaimana untuk yang belum mampu dari segi materi? 


Hukum Berkurban Dalam Islam

Pertanyaan-pertanyaan mengenai hukum qurban akan dijelaskan disini. Para ulama menyatakan bahwa hukum beribadah qurban adalah sunnah muakkad. Maksud dari sunnah muakkad adalah ibadah yang sifatnya sangat dianjurkan untuk dilakukan. Namun, bagi Anda yang belum mampu secara materi tidak diwajibkan.

Nah, bagi yang mampu secara materi dalam artian kebutuhan makanannya tercukupi, kebutuhan sandang pangan tercukupi wajib untuk melaksanakan ibadah qurban. Karena menurut mazhab Hanafi mereka yang mampu wajib hukumnya untuk berkurban. Seseorang yang mampu dapat dikatakan mendapatkan rezeki yang berlimpah dari Allah SWT sehingga ia harus bisa mewujudkan rasa syukur kepada Allah, salah satunya dengan berkurban. Allah sangat menyukai hamba Nya yang menghabiskan harta dengan cara beribadah, maka besar kemungkinan Anda akan mendapatkan rezeki yang lebih baik dengan menyisihkan harta untuk beribadah. Jadi dapat disimpulkan bahwa hukumnya wajib bagi yang mampu, dan sunnah muakkad bagi yang belum mampu secara finansial.

Hukum Berkurban Berubah dari Sunnah Menjadi Wajib

Hukum qurban juga bisa berubah dari sunnah menjadi wajib, hal ini berdasarkan Jumhur ulama yang menyebutkan bahwa menyembelih hewan qurban bisa saja hukumnya berubah dari sunnah menjadi wajib apabila sebelumnya telah dinadzarkan. Nadzar sendiri merupakan janji kepada Allah SWT yang apabila keinginannya dikabulkan Allah, maka sesorang wajib melakukan salah satu bentuk ibadah sunnah yang kemudian berubah menjadi wajib untuk dilaksanakan. Kemudian akan menjadi dosa apabila tidak dilaksanakan.

Contohnya adalah, saat seseorang berkata bahwa kambingnya akan disembelihnya sebagai udhiyah jika keinginannya dikabulkan Allah SWT, maka wajib menyembelih kambing tersebut dan tidak boleh diganti kambing lainnya. Namun, jika tidak menentukan kambing tertentu, maka menyembelih kambing mana saja.

Nah, penjelasan di atas dapat memberikan gambaran kepada Anda bukan mengenai hukum qurban? Manfaatnya yang sangat baik sebagai rasa syukur dan menambah kepedulian kepada sesama muslim membuat ibadah qurban sangat dianjurkan untuk dilakukan. Glogalqurban.com hadir membantu Anda untuk melaksanakan ibadah qurban dari proses pembelian hingga pendistribusian daging qurban. Dengan membawa semangat “Satu Indonesia, Berkurban Terbaik Untuk Dunia” memudahkan ibadah qurban Anda dengan manfaat secara universal karena daging qurban didistribusikan ke seluruh umat muslim yang membutuhkan di seluruh dunia. Global Qurban merupakan program dari Aksi Cepat Tanggap yang telah dipercaya sejak 2005 dalam pelaksanaan ibadah qurban di Indonesia dan bisa mendistribusikan daging kurban ke negara lain, sehingga bisa diandalkan membantu pelaksanaan ibadah qurban Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot